PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK DALAM METODE SELF DIRECTED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

AMALIA, KHOIRO NILA (2024) PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK DALAM METODE SELF DIRECTED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032017_Nila Khoiro Amalia.pdf

Download (360kB)
[img] Text
SKRIPSI_20032017_Nila Khoiro Amalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih konvensional, dibuktikan siswa yang tidak berperan aktif dalam pembelajaran khususnya pada keterampilan menulis puisi. Pemanfaatkan media TikTok dalam metode Self Directed Learning diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalahan menulis pada siswa serta menambah minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan pemanfaatan media TikTok dalam metode Self Directed Learning untuk pembelajaran Self Directed Learning untuk pembelajaran menulis puisi siswa dan hasil menulis puisi siswa dalam pemanfaatan media TikTok dalam metode Self Directed Learning untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X MA NU Infarul Ghoy Babat. Jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, penerapan dan hasil pembelajaran menulis puisi. Sumber data dalam penelitiaan ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, analisis dokumen, observasasi dan tes. Instrumen yang terdapat dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data perencanan dengan menggunakan reduksi data, data penerapan dengan teknik mendeskripsikan indikator dengan persentase (%). Teknik analisis data hasil siswa dengan mengitung skor rata-rata yang diperoleh siswa. Berdasarksan data yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil sebagai berikut. Perencanaan dalam pemanfaatan media dan metode telah tersusun dengan baik, lengkap, dan memiliki struktur yang jelas dan teratur, yang akan membantu dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penerapan pemanfaatan media TikTok dalam metode Self Directed Learning untuk pembelajaran menulis puisi siswa berkategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,9%. Hasil menulis puisi siswa ditinjau dari perolehan nilai rata-rata siswa 87,8 berkategori sangat baik dan efektif untuk diterapkan. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media TikTok dalam metode Self Directed Learning untuk pembelajaran menulis puisi berhasil dengan sangat baik dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nila Khoiro Amalia
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:55
Last Modified: 05 Nov 2024 05:55
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item