Maghfiroh, Nila Saroirul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS SMART CLASS DIGITAL DI KELAS V MI SALAFIYAH CUNGKUP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
Abstrak_20054014_Nila Saroirul Maghfiroh.pdf Download (113kB) |
|
Text
20054014_Nila Saroirul Maghfiroh.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat atau sarana dalam proses belajar mengajar yang membantu menyampaikan informasi dari guru ke siswa secara efektif, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna, serta meningkatkan minat belajar siswa. Hasil observasi dan wawancara prapenelitian menunjukkan adanya analisis kebutuhan yaitu beberapa anak masih kesulitan dalam memahami pelajaran matematika khususnya materi sifat-sifat bangun ruang, salah satu penyebabnya adalah guru masih jarang menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Oleh karena itu sekolah harus memiliki media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Maka, pada penelitian ini penulis bermaksud mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis smart class digital. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis smart class digital di Kelas V MI Salafiyah Cungkup; 2) Mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif matematika berbasis smart class digital di Kelas V MI Salafiyah Cungkup; 3) Mengetahui minat belajar siswa dengan adanya media pembelajaran interaktif matematika berbasis smart class digital di Kelas V MI Salafiyah Cungkup. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Salafiyah Cungkup yang berjumlah 13 siswa. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, angket pre-test (sebelum menggunakan media) dan post-test (sesudah menggunakan media), dan dokumentasi. Hasil pengembangan media pembelajaran menujukkan bahwa media pembelajaran telah berhasil dibuat dan diimplementasikan. Hasil uji kevalidan media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat valid dan oleh ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dilihat dari nilai angket pre-test dan post-test dengan melakukan uji N-Gain menggunakan aplikasi SPSS 29.0 memperoleh rata-rata sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NILA SAROIRUL MAGHFIROH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3146 |
Actions (login required)
View Item |