PENERAPAN MODEL THINK WRITE TALK DENGAN MEDIA VLOG PADA KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

WAMAFTUKHA, NOVIKA (2024) PENERAPAN MODEL THINK WRITE TALK DENGAN MEDIA VLOG PADA KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032002_NOVIKA WAMAFTUKHA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
20032002_NOVIKA WAMAFTUKHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Siswa seringkali menghadapi masalah kurangnya rasa percaya diri saat membacakan teks berita di depan umum. Ketidakpercayaan diri ini dapat menghambat kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) penilaian hasil belajar siswa dalam penerapan model Think Write Talk (TWT) dengan media vlog dalam pembelajaran keterampilan membacakan teks berita sebagai implementasi kurikulum merdeka siswa kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar aktivitas guru dan siswa, dan lembar penilaian hasil tes belajar siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi untuk mengetahui data aktivitas guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran dan teknik tes untuk mengetahui penilaian hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis data tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) perencanaan yang dilakukan hal ini dibuktikan pada modul ajar yang sudah tersusun dengan baik dan terstruktur, modul ajar digunakan agar tujuan pembelajaran membacakan teks berita dapat terlaksana dengan baik dengan cara menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan, (2) pelaksanaan ditinjau dari ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran yang telah berjalan dengan lancar menunjukkan bahwa setiap tahapan dalam proses pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan rencana, (3) penilaian hasil belajar siswa memperoleh hasil yang baik menunjukkan perolehan rata-rata 78,6. Sebagai seorang pembaca berita bahasa yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model think write talk dengan media vlog dalam keterampilan membacakan berita dapat mendorong siswa untuk lebih percaya diri. Kombinasi antara model dan media yang dipakai ini membuat siswa tertarik, interaktif, dan siswa menjadi termotivasi dalam proses pembelajaran

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: NOVIKA WAMAFTUKHA
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:51
Last Modified: 05 Nov 2024 05:51
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item