PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR POSTER DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BABAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MU'ALIFFIA, SILFA (2024) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR POSTER DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BABAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_20032045_Silfa Mualiffia.pdf

Download (7kB)
[img] Text
20032045_Silfa mualiffia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mualiffia, Silfa. 2024 Pemanfaatan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Babat Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. Nisaul Barokati Selirowangi, M.Pd., (2) Anisa Ulfah, M.Pd. Kata Kunci : Poster digital,Cerpen, Ketrampilan Menulis, SMP Negeri 2 Babat Media pembelajaran merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan membantu mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan menulis,salah satu ilmu yang berkembang sangat pesat baik materi maupun kegunaanya,khusunya materi cerpen. Namun fakta menujukan sampai saat ini materi cerpen masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Dengan adanya pemanfaatan media gambar poster digital dalam menulis cerpen dapat membantu siswa daalm meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan media poster digital dalam pembelajaran menulis cerpen siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media gambar poster digital dalam pembelajaran menulis cerpen, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pemanfaatan media gambar poster digital dalam pembelajaran menulis cerpen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Babat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa. Tes digunakan untuk menggetahui kemampuan siswa dalam ketrampilan menulis cerpen, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Babat Tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa efektivitas yang dilakukan peneliti diperoleh dari siswa yang tuntas belajar menghasilkan nilai rata-rata sebesar 85, nilai aktivitas guru sebesar 92,5% , nilai aktivitas siswa sebesar 82,5 %, dan hasil respon positif siswa sebesar 91 %. Dengan adanya hasil penelitian ini maka, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar poster digital efektif diterapkan serta dapat memberikan wawasan dan pengalaman bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dalam pembelajaran menulis cerpen. Media pembelajaran poster digital dapat digunakan untuk materi lainya serta untuk peneliti selanjutnya supaya dapat lebih berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran poster digital tersebut.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SILFA MU'ALIFFIA
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:58
Last Modified: 05 Nov 2024 05:58
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item