PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BAHRUL ULUM WANGUNREJO KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

INNE FEBRIANTI, BERLIANA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BAHRUL ULUM WANGUNREJO KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20054007_Berliana Inne Febrianti.docx

Download (13kB)
[img] Text
Skripsii_20054007_Berliana Inne Febrianti .docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh penggunaan media pop up book dalam pembelajaran IPA, seperti apa dan bagaimana penggunaan media pop up dalam pembelajaran IPA. Dimana pembelajaran IPA adalah salah satu pelajaran yang harus dipraktikkan dalam penyampaiannya guna meminimalisir ketidakpahaman peserta didik saat mempelajarinya. Sehingga peserta didik dapat menangkap maksud dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Pop Up Book dan pengaruhnya dalam pembelajaran IPA di MI Bahrul Ulum Wangunrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui bentuk desain penelitian One Group Pretest – Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bahrul Ulum Wangunrejo Kecamatan Turi yang berjumlah 10 siswa. Selain menggunakan angket atau kuesioner, peneliti juga menggunakan pretest dan posttest untuk mendapatkan data yang valid tentang pengaruh penggunaan media pop up book dalam pembelajaran IPA di MI Bahrul Ulum Wangunrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Tes penelitian ini melihat pada instrumen hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda. Sebelumnya, instrumen tes melewati pengujian validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data pada penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Selanjutnya dilakukan uji paired sample t-test yang menyatakan bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 2,540 > 2,262 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA di MI Bahrul Ulum Wangunrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: BERLIANA INNE FEBRIANTI
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:38
Last Modified: 05 Nov 2024 06:38
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item