UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PAI MATERI BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DENGAN STRATEGI JIGSAW DI SDN KEDUNGWARAS

Safitri, Lia (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PAI MATERI BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DENGAN STRATEGI JIGSAW DI SDN KEDUNGWARAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054004_LIA SAFITRI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
17054004_LIA SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Safitri, Lia. 2021 “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PAI MATERI BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DENGAN STRATEGI JIGSAW DI SDN KEDUNGWARAS” Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing (1) MAHBUB JUNAIDI, M.Th.I. (2) SULHATUL HABIBAH, M.Phil Kata Kunci: Hasil belajar, Strategi Jigsaw, PAI Pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib dilaksanakan di sekolah karena pelajaran PAI ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT. Seharusnya, pelajaran PAI ini menjadi mata pelajaran yang mudah dipahami. Namun, hal ini bertolak belakang dengan proses pembelajaran di kelas. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut. Penyebabnya adalah pembelajaran yang monoton, sehingga siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan strategi jigsaw untuk diterapkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan strategi jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi bersyukur kepada Allah Swt. (2) mengetahui pengaruh strategi jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi bersyukur kepada Allah Swt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Kedungwaras yang berjumlah 16 siswa, 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi jigsaw dilaksanakan dengan cara mengelompokkan siswa, membagi materi, berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan menyimpulkan materi bersama. (2) strategi jigsaw ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prasiklus sampai ke siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata mencapai 62,56 dengan presentase ketuntasan belajar 44% siswa yang tuntas. Pada siklus 1 nilai rata-rata mencapai 73,12 dengan presentase ketuntasan belajar 62,5% siswa yang tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata mencapai 83,12 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan mencapai 26%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar, Strategi Jigsaw, PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 09:52
Last Modified: 26 Nov 2023 09:52
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item