Nawawi,, Muhammad (2022) Penerapan Teknik al-simaa wa al muhafadhoh untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
MOHAMMAD NAWAWI_18052003_Full_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
ABSTRAK_MOHAMMAD NAWAWI_18052003_.pdf Download (193kB) |
Abstract
Abstrak Nawawi, Muhammad, 2022, Penerapan Teknik al-simaa wa al muhafadhoh untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Khoirotun Ni’mah, M.Pd.I, Pembimbing (2) M. Rizal Rizqi, M.Pd.I Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Penerapan Teknik Al Simaa Wa Al Muhafadhoh Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dasar dalam ilmu bahasa karena salah satu fungsi pembelajaran bahasa adalah agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Dalam bahasa Arab terdapat empat keterampilan bahasa yaitu mendengar, berbicara, menulis dan membaca. Dari keempat keterampilan tersebut, yang peneliti fokuskan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Penelitian ini di latar belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam menyampaikan suatu ujaran yang akan dikemukakan dan kurangnya kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti memberikan penerapan teknik meniru dan menghafal untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. Dengan adanya penerapan teknik meniru dan menghafal ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan. Adapun tujuannya adalah (1) mengetahui penerapan teknik Al simaa wa al muhafadhoh terhadap peserta didik kelas XI SMA Darul Ulum Medali Sugio dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab peserta didik kelas XI SMA Darul Ulum Medali Sugio Kab. Lamongan dengan penerapan Teknik meniru dan menghafal. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre -eksperimental dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Penerapan teknik meniru dan menghafal dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Medali sugio. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab, dapat dilihat dari peningkatan nilai rata -rata pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum diberi perlakuan adalah 63,6 yang tergolong rendah. Sedangkan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai rata-rata 87,4 yang tergolong tinggi. Dari data-data tersebut secara keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai ratarata dari pretest hingga posttest mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik al simaa wa al muhafadhoh secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara, Penerapan Teknik Al Simaa Wa Al Muhafadhoh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 01:43 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 01:43 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1489 |
Actions (login required)
View Item |