PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI SIFAJARGORO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 1 KEPOHBARU

ULA, FIRDA JUWITA ZURI RATNA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI SIFAJARGORO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 1 KEPOHBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051033_FIRDA JUWITA ZURI RATNA ULA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
18051033_FIRDA JUWITA ZURI RATNA ULA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kepohbaru dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi sifajargoro. Hal ini berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi sifajargoro pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta pada tingkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran daring berbasis aplikasi sifajargoro pada mata pelajaran PAI terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kepohbaru. (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi sifajargoro. (3) mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis aplikasi sifajargoro di SMPN 1 Kepohbaru dalam meningkatkan kedisiplinan di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa SMPN 1 Kepohbaru dengan jumlah 73 siswa. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, dan uji t parsial. Hasil penelitian dapat diketahui kelebihan aplikasi sifajargoro dapat melatih kemandirian siswa menggunakan teknologi informasi dan kekurangan yaitu jaringan yang tidak mendukung dan kurang menguasai materi. Model regresi yang digunakan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pembelajaran daring berbasis aplikasi sifajargoro terhadap kedisiplinan siswa pada mata pelajaran PAI dengan nilai t hitung= 16,415 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000<0,05. Dengan R Square sebesar 0.773besar pengaruhnya sebanyaj 77,3%. Dengan demikian diharapkan guru lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran dan siswa tidak bosan selama pembelajaran daring.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:43
Last Modified: 29 Nov 2023 08:43
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item