PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MEDIA POSTER PADA MATERI CERITA FABEL UNTUK SISWA KELAS VII MTs AL KHOIRIYAH 2 MULYOREJO DALEGAN PANCENG GRESIK

KHOBATSANIYAH, INTI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MEDIA POSTER PADA MATERI CERITA FABEL UNTUK SISWA KELAS VII MTs AL KHOIRIYAH 2 MULYOREJO DALEGAN PANCENG GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17032037_INTI KHOBATSANIYAH.pdf

Download (234kB)
[img] Text
17032037_INTI KHOBATSANIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Khobatsaniyah, Inti. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Media Poster Pada Materi Cerita Fabel Kelas VII MTs Al Khoiriyah 2 Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd., (2) Anisa Ulfah, M.Pd. Kata Kunci : bahan ajar, media poster, cerita fabel. Berdasarkan kondisi di sekolah swasta apalagi di daerah pedesaan dimana sarana dan prasana sekolah yang belum terpenuhi seperti proyektor, LCD yang belum ada di beberapa sekolah termasuk di MTs Al Khoiriyah 2 Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik, tentunya sedikit banyak akan berdampak dalam kegiatan pembelajaran, apalagi dizaman yang sudah modern seperti ini peserta didik lebih tertarik apabila sebuah materi pembelajaran disajikan dengan adanya Lampiran yang menarik dan mampu meningkatkan imajinasi siswa.maka perlu ada pemecahan masalah tersebut salah satunya dengan mengembangkan media poster. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk media poster pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fabel dengan mengukur kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media poster tersebut. Penelitian ini diuji cobakan di MTs Al Khoiriyah 2 Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik, Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII dengan jumlah siswa 10 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang mengadaptasi pada model pengembangan dalam penelitian ini memakai model pengembangan seperti yang disarankan oleh Thiagarajan dan Sammel (1974). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan,yaitu define, design, development, and dissemination. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli desain, angket kepraktisan, angket tanggapan siswa dan soal pretest posttest untuk mengetahui keefektifan bahan ajar berbentuk media poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengembangan produk media poster sudah melalui tahap penilaian oleh dosen ahli materi, dosen ahli desain, praktisi (guru), uji coba lapangan (siswa). penilaian oleh dosen ahli materi mendapatkan persentase 93% termasuk kategori sangat layak. Penilaian oleh dosen ahli media mendapatkan persentase 86% termasuk kategori sangat layak. Penilaian kepraktisan oleh guru mendapatkan persentase 98% termasuk kategori sangat layak. Hasil angket tanggapan siswa persentase nilai yang didapatkan 81,7% termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata penilaian keseluruhan mendapatkan nilai akhir 89,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil nlai tersebut bahan ajar berbentuk media poster yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : bahan ajar, media poster, cerita fabel
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:06
Last Modified: 29 Nov 2023 10:06
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item