AMALIA, TRIA (2021) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH BERWAWASAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DI MI AL HIDAYAH BANARAN KEC. BABAT KAB. LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.
Text (abstrak)
SKRIPSI TRIA AMALIA-8.pdf Download (331kB) |
|
Text
SKRIPSI TRIA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, pembentukan Karakter, Ahlussunnah wal Jama’ah Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan, Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan zaman, Menyadari akan pentingnya pendidikan yang harus disesuaikan, dirasa ilmu agama menjadi hal pokok yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik. Dengan begitu tentunya banyak lembaga yang memberikan pelajaran tambahan khususnya agama degan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan siswa dan menjadikan pribadi siswa yang lebih baik. banyak cara yang dapat dilakukan, seperti peran utama seorang guru madrasah sebagai garda depan dalam pembelajaran disekolah. Disini guru madrasah khususnya guru agama mempunyai peranan penting dalam penyaluran ilmu agama, terlebih jika guru tersebut berada di sebuah lembaga yang berdiri dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, biasanya dalam ruang lingkup madrasah tersebut mendalami tentang ke Nu-an dan hal yang ada kaitannya dengan Ahlussunnah wal jama’ah. Menyadari akan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa yang berwawasan Ahlussunnah wal Jama’ah yang bertujuan untuk menanamkan karakter keAswajaan pada siswa pada usia dini agar melekat pada kepribadian siswa, maka perlu untuk mengkaji dan menerapkan agar sistem pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran guru di MI Al- Hidayah Banaran Babat (2) untuk mengetahui pembentukan karakter Ahlussunnah wal jama’ah di MI Al-hidayah Banaran Babat (3) untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa berwawasan Ahlussunnah wal Jama’ah di MI l- Hidayah Banaran Babat Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif , dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dari gambaran yang dideskrpsikan bukan berupa angka. Bentuk analisis data yang digunakan adalah anlisis induksi meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa peran guru MI Al- Hidayah sebagai seorang pendidik, penasihat, serta sebagai pembimbing sudah dilaksanakan dengan baik. Peran guru dalam membentuk karakter siswa madrasah berwawasan ahlussunnah wal jama’ah yaitu dengan mendorong siswa untuk mengikuti istigosah, mukhadhoroh, menyanyikan mars yalal wathon, sholawat an-nadhiyah, baca tulis kitab sulam, sholat dhuhur berjama’ah, sholat dhuha berjama’ah, ditambah lagi dengan memberi muatan lokal pendidikan Ke NU-an dan keaswajaan.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Wafa Al-hasib |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 01:21 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 01:21 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |