ANALISIS KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

SARI, DENIK PUSPITA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITASISLAM.

[img] Text
Abstrak_20054005_Denik Puspita Sari.pdf

Download (436kB)
[img] Text
20054005_Denik Puspita Sari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah yang sesuai dengan pengetahuan keterampilan yang dipahami. Kemampuan setiap siswa dalam pemecahan masalah soal cerita begitu berbeda-beda, sehingga terlihat dari hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada siswa kelas V SD N 2 Madulegi dalam penyelesaian soal cerita matematika dan kemampuan secara berpikir logika belum berkembang secara maksimal. Maka untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkannya sebuah kemampuan berpikir mengenai logika matematika yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan logis matematis siswa kelas V dan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika pada siswa berdasarkan level kecerdasan logis matematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD N 2 Madulegi Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen yang diberikan kepada subjek berupa tes kecerdasan logis matematis, tes penyelesaian soal cerita matematika, wawancara, dan observasi. Data yang digunakan adalah tes penyelesaian soal cerita dan hasil wawancara yang ditinjau dari tes kecerdasan logis matematis. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi (14 siswa) dapat menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun ruang sisi datar mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah menurut Polya yaitu understanding problem-devising a plan-carrying out the plan-looking back, siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang (8 siswa) dapat menyelesaikan soal cerita matematika dengan tiga indikator pemecahan masalah yaitu understanding problem-devising a plan-carrying out the plan, dan siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah (8 siswa) dapat memenuhi satu indikator pemecahan masalah yaitu understanding problem

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DENIK PUSPITA SARI
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:38
Last Modified: 05 Nov 2024 06:38
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item