PENGARUH INFLUENCER, AFFILIATE MARKETING DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE TIKTOK SHOP (Studi Pada Pengguna Tiktok Shop di Kepohbaru Bojonegoro)

Aulivia Syah, Elfiza Octa Syavira (2024) PENGARUH INFLUENCER, AFFILIATE MARKETING DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE TIKTOK SHOP (Studi Pada Pengguna Tiktok Shop di Kepohbaru Bojonegoro). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM LAMONGAN.

[img] Text
20042017_ELFIZA OCTA SYAVIRA A. S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20042017_Elfiza Octa Syavira A.S.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Influencer, Affiliate Marketing dan Live Streaming terhadap keputusan pembelian pada platform jual beli online TikTok Shop. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kepoh Baru Bojonegoro yang merupakan pengguna TikTok Shop. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden dengan teknik penentuan sampel yaitu sampling insidental dengan menggunakan rumus malhotra. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebar secara offline. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, teknik tersebut diolah dengan SPSS 27 untuk menganalisis uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel Influencer (X1), Affiliate Marketing (X2), Live Streaming (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi < 0,05. Secara parsial terdapat pengaruh variabel Influencer (X1), Affiliate Marketing (X2), Live Streaming (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi masing-masing < 0,05. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pemasar dan pelaku bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran di platform TikTok Shop. Temuan ini menunjukkan bahwa Live treaming memiliki pengaruh yang dominan dibandingkan dengan dua variabel lainnya, yang mengindikasikan bahwa mencipatakn pengalaman berbelanja yang interaktif dan menarik secara langsung dapat mendorong minat dan keputusan pembelian. Kombinasi penggunaan influencer, affiliate marketing, dan live streaming dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan memaksimalkan penjualan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: ELFIZA OCTA SYAVIRA AULIVIA SYAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:47
Last Modified: 05 Nov 2024 06:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item