CHASANAH, ANDRIA (2024) PENERAPAN METODE TULIS BERANTAI PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NU 1 KARANGGENENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
Abstrak_20032003_AndriaChasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
20032003_ANDRIA CHASANAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik. Sebagai salah satu aspek pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, ternyata hingga saat ini penguasaan keterampilan menulis dikalangan siswa masih belum sesuai dengan harapan. Siswa kelas XI DKV SMK NU 1 Karanggeneng masih mengalami kesulitan dalam memahami materi menulis cerpen. Berdasarkan kenyataan tersebut penulis mencoba menggunakan cara lain dalam mengajarkan cerpen. Cara yang penulis pilih adalah mengajarkan cerpen dengan menggunakan metode berantai. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode berantai pada siswa kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Tujuan umum tersebut dapat diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) respon siswa, dan (3) hasil belajar belajar siswa dalam metode tulis berantai siswa kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah perencanaan, respons siswa, dan hasil belajar pembelaran menulis cerpen dengan menggunakan metode berantai. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV SMK NU 1 Karanggeneng. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode berantai sudah baik karena mencakup tujuan pembelajaran yang jelas dan operasional. Metode ini tidak hanya memberikan panduan yang terstruktur untuk siswa, tetapi juga memastikan bahwa setiap langkah dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efektif dan terukur. Dengan adanya tujuan yang spesifik dan terukur, siswa dapat lebih fokus dan terarah dalam mengembangkan keterampilan menulis mereka, sehingga meningkatkan keseluruhan kualitas pembelajaran. Pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode berantai menunjukkan hasil yang baik, sebagaimana terlihat dari nilai rata-rata respon siswa yang mencapai 85%. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, karena melibatkan partisipasi aktif dan kolaborasi dalam proses kreatif. Dengan demikian Hasil ini mencerminkan keberhasilan metode berantai dalam memperbaiki kemampuan menulis cerpen siswa secara signifikan. Penilaian hasil tes belajar menunjukkan bahwa individu memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,7%, sedangkan tes berkelompok menghasilkan nilai rata-rata sebesar 81,1%. Hal ini menunjukkan bahwa kerja sama dalam kelompok memberikan dampak positif terhadap pemahaman materi, dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tes yang dilakukan secara individu. Peningkatan nilai pada tes berkelompok mencerminkan efektivitas pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan pencapaian akademis siswa.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ANDRIA CHASANAH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:51 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2851 |
Actions (login required)
View Item |