PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER SISWA KELAS VIII MTs. DARUN NAJAH

FITRIYAH, LAILATUL (2024) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER SISWA KELAS VIII MTs. DARUN NAJAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak_20032051_Lailatul Fitriyah.pdf

Download (149kB)
[img] Text
20032051_Lailatul Fitriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fitriyah, Lailatul. 2024. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII MTs. Darun Najah Babat . Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Iib Marzuqi, M.Pd. (2) Anisa Ulfah, M.Pd. Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, penerapan, hasil belajar, dan respon siswa, teks iklan, slogan, dan poster Pembelajaran menulis seringkali dianggap sulit oleh siswa. siswa mengalami kebingungan dan kebuntuan dalam menentukan ide. Hal tersebut dialami oleh siswa kelas VIII MTs. Darun Najah Babat Babat dalam pembelajaran menulis teks iklan, slogan, dan poster. Siswa merasa kebingungan untuk membedakan antara ketiga jenis teks tersebut serta mengalami kebuntuan dalam menentukan ide, sehingga perlu adanya alternatif pendekatan yang efektif guna memberikan kesempatan untuk berlatih dengan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, peneliti menerapkan pendekatan Konstruktivisme dengan media Canva sebagai inovasi dalam pembelajaran menulis teks iklan, slogan, dan poster. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendekatan Konstruktivisme dengan media Canva ditinjau dari aktivitas guru dan siswa, (2) hasil belajar, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks iklan, slogan, dan poster dengan menggukakan pendekatan Konstruktivisme dengan media Canva. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs. Darun Najah Babat Babat Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun dalam pengamatan aktivitas, terdapat 19 siswa yang diamati dan seorang peneliti yang berperan sebagai guru. Metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa. Teknik tes untuk mengukur hasil keterampilan siswa dalam menulis teks iklan, slogan, dan poster, dan angket untuk memperoleh data respon siswa selama kehiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dengan menggunakan media Canva pada pembelajaran menulis teks iklan, slogan, dan poster ditinjau dari aktivitas guru memperoleh katerori sangat baik dengan presentase sebesar 92,18%, sedangkan aktivitas siswa diperoleh presentase sebesar 89,14% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 86 dengan kategori tuntas secara klasikal, serta hasil respon siswa sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme dengan media Canva efektif diterapkan pada pembelajaran menulis teks iklan, slogan, dan poster siswa kelas VIII MTs. Darun Najah Babat.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: LAILATUL FITRIYAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:05
Last Modified: 05 Nov 2024 06:05
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item