IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK DIRGAHAYU KEDUNGADEM BOJONEGORO

Bimantoro, Didik (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK DIRGAHAYU KEDUNGADEM BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
SKRIPSI_20051019_DIDIK BIMANTORO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051019_DIDIK BIMANTORO.pdf

Download (365kB)

Abstract

Pendidikan multikultural melatih dan membangun karakter siswa agar mampu bersikap demokratis, humanis, dan pluralis dalam lingkungan mereka. Pendidikan multikultural juga merupakan sebuah sistem pendidikan yang menghargai keragaman kultural serta menjadikan semua keragaman kultural yang ada dalam lingkungan pendidikan sebagai aset dan potensi yang mendukung ke arah tercapainya tujuan pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural pada pembelajaran pendidikan agama islam. (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidik agama islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model deskriptif, dimana dalam proses pengumpulan datanya melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa : (1) Dalam proses pengimplementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Dirgahayu Kedungadem guru mengunakan tiga prinsip yaitu : prinsip demokrasi, toleransi dan kesetaraan. (2) faktor pendukung dalam implementasi pendidikan multikultural adalah peran guru dalam menyapaikan pembelajaran atau kemampuan pedagogik guru. sedangkan, faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural bisa meliputi: 1) kurikulum yang belum mencakup keragaman budaya secara menyeluruh, 2) kurangnya pelatihan bagi guru untuk mengelola keberagaman, 3) adanya sikap atau pandangan eksklusif yang menganggap budaya atau agama lain kurang penting, dan 4) kekurangan sumber daya yang mendukung pengajaran multikultural.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DIDIK BIMANTORO
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:17
Last Modified: 05 Nov 2024 06:17
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item