AGUSTINA, ADELIA TIARA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM MELATIH PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATERI ALJABAR BERBANTUAN PAPAN DETERMINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20031014_ADELIA TIARA AGUSTINA.pdf Download (132kB) |
|
Text
20031014_ADELIA TIARA AGUSTINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh miimnya keaktifan belajar siswa dalam belajar terutama mata pelajaran matematika. Untuk mengatasi rendahnya keaktifan belajar dibutuhkan inovasi pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat digunakan sebagai inovasi yakni dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, yakni model pembelajaran Two Stay Two Stray. Model pembelajaran Two Stay Two Stray merupakan model pembelajaran yang menikberatkan pada kerja sama antar kelompok yang dimana masing-masing kelompok dapat saling bertukar dan berbagi pengetahuan. Dengan demikian siswa akan dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan saat pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray diperlukan dalam melatih keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran juga melatih keaktifan belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yakni 6 siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi yang diambil kategori kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah sebagai perwakilan dari masing-masing kemampuan siswa yang ada di dalam kelas. Instrumen yang digunakan yakni berupa lembar observasi yang berisi indikator yang dapat dipenuhi masing-masing subjek. Data yang digunakan adalah hasil wawancara keaktifan belajar dan hasil dokumentasi vidio pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan media papan determinan dapat melatih partisipasi aktif siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi. Diperoleh skor keaktifan sebesar 67,5 % yang artinya keaktifan belajar siswa dalam kategori tinggi. Dengan adanya hasil pada penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan oleh para pendidik agar menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam proses pembelajaran agar dapat mewujudkan suasana belajar siswa yang aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADELIA TIARA AGUSTINA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:47 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
View Item |