PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING

JANAH, EKA NUR (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
20031007-Eka Nur Jannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20031007_Eka Nur Jannah.pdf

Download (592kB)

Abstract

Aplikasi Photomath merupakan aplikasi mobile yang dapat membantu siswa memperdalam pemahaman mereka tentang aljabar dan konsep terkait karena tidak hanya menawarkan solusi matematika tetapi juga memberikan penjelasan rinci tentang konsep yang terlibat dalam setiap langkah. Photomath memiliki fitur latihan yang memungkinkan siswa untuk berlatih lebih lanjut dengan soal-soal aljabar, fitur tersebut dapat menjadi alat yang berharga bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka secara mandiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Photomath, yang didasarkan pada model pembelajaran diri, berdampak pada prestasi siswa pada materi aljabar. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana prestasi siswa yang menggunakan aplikasi Photomath dibandingkan dengan siswa yang tidak. Penelitian ini melakukan eksperimen menggunakan Pretest-Posttest control group. Subjek penelitian seluruh siswa di kelas X SMA Negeri Sukodadi yang dipilih secara yaitu X-C sebagai Kelas Eksperimen berjumlah 30 siswa dan X-B sebagai Kelas Kontrol berjumlah 30 siswa. Kelompok eksperimen menggunakan aplikasi Photomath sebagai alat bantu belajar mandiri dalam memahami materi aljabar, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional.Data dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi sebelum dan setelah perlakuan. Untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Photomath pada model Self Directed Learning memiliki pengaruh yang signifikan pada prestasi siswa, uji korelasi digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa dengan model Self Directed Learning sebesar 52,1%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa dengan model Self Directed Learning. Analisis data juga dilakukan dengan menggunakan uji t untuk melihat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath secara signifikan meningkatkan prestasi siswa yang menggunakan aplikasi Photomath dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi Photomath yaitu (0,029 < 0,05).

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: EKA NUR JANNAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:46
Last Modified: 05 Nov 2024 05:46
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item