IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI ISLAMIYAH PUCANGTELU

ROHMATIN, IDA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI ISLAMIYAH PUCANGTELU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20054002_IDA ROHMATIN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
20054002_IDA ROHMATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum memegang peranan yang penting dan fundamental dalam dunia pendidikan. Kurikulum diibaratkan sebagai ruhnya dan proses pembelajaran dianggap sebagai tubuh. Perubahan terhadap kurikulum pendidikan di Indonesia merupakan upaya lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum harus terus menerus melakukan perubahan ataupun pengembangan agar menemukan sistem kurikulum yang tepat untuk digunakan sesuai dengan keadaan peserta didik, tenaga pendidik, sarana pendidikan yang tersedia dan perkembangan zaman. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) Untuk menganalisis sejauh mana implementasi kurikulum merdeka di MI Islamiyah Pucangtelu. (2) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa di MI Islamiyah Pucangtelu setelah penerapan kurikulum merdeka. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, (1) Implementasi kurikulum merdeka di MI Islamiyah Pucangtelu berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan aturan Lembaga Pendidikan di bawah naungan Kementrian Agama karena MI Islamiyah Pucangtelu sekolah berbasis madrasah. Penerapan kurikulum merdeka di MI Islamiyah Pucangtelu diterapkan secara bertahap pada jenjang kelas 1,2,4 dan 5 karena masih dalam proses penyesuaian. Bukti penerapan kurikulum merdeka di MI Islamiyah Pucangtelu program projek pelaksanaan profil pelajar pancasila. Selain itu, adminintrasi pembelajaran di MI Islamiyah Pucangtelu telah menerapkan aturan adminitrasi di kurikulum merdeka yakni adanya tujuan pembelajaran, adanya alur tujuan pemebelajaran, adanya modul ajar dan asesmen pembelajaran (2) Minat dan hasil belajar siswa di MI Islamiyah Pucangtelu setelah penerapan kurikulum merdeka berdampak baik pada kualitas pendidikan peserta didiknya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti kepada peserta didik yang menyatakan bahwa motivasi belajarnya meningkat karena pembelajaran yang diterapkan di kelas jauh lebih baik. Selain itu, hasil belajar peserta didik di MI Islamiyah Pucangtelu juga lebih baik setelah penerapan kurikulum merdeka tersebut.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IDA ROHMATIN
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:39
Last Modified: 05 Nov 2024 06:39
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item