PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

ROHMAH, ANNA AULIATUR (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
20031022_Anna Auliatur Rohmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20031022_Anna Auliatur Rohmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa SMA dan kurangnya keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran aktif berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa X pada mata pelajaran matematika di SMA Wachid Hasjim Maduran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Wachid Hasjim Maduran Tahun Pelajaran 2023/2024. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa yang terpilih dengan nilai rata-rata yang hampir sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, dokumentasi dan wawancara. Soal tes berupa soal uraian yang berjumlah 7 butir soal pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. dokumentasi dalam penelitian ini merupakan pengambilan gambar oleh peneliti untuk memperkuat hasil penelitian. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui informasi tentang kondisi awal siswa sebagai latar belakang pada penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 38,77 dan kelas kontrol sebesar 38,70. Setelah diberikan perlakuan kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan kelas kontrol mengunakan pembelajaran konvensional. Hasil nilai posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 87 dan kelas kontrol sebesar 73. Berdasarkan hasil analisis data uji-T nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,0001 < 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan ditemukan pengaruh strategi pembelajaran aktif berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika di SMA Wachid Hasjim Maduran.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANNA AULIATUR ROHMAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:47
Last Modified: 05 Nov 2024 05:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item