Febrianti, Tarissa Anggraeni (2024) Pengaruh Media Alternate Universe Twitter Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas XI SMK NU 1 KARANGGENENG. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.
Text (abstrak)
ABSTRAK_20032007_TARISSA ANGGRAENI FEBRIANTI.pdf Download (66kB) |
|
Text
20032007_TARISSA ANGGRAENI FEBRIANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Febrianti, Tarissa Anggraeni. 2024. Pengaruh Media Alternate Universe Twitter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Anisa Ulfah, M.Pd., (2) Iib Marzuqi, M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, Alternate Universe Twitter, keterampilan menulis, kurikulum merdeka, menulis cerpen Rendahnya kemampuan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media alternate universe Twitter terhadap kemampuan menulis teks cerpen serta respons peserta didik terhadap media alternate universe Twitter pada kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng yang berjumlah 216 dengan tujuh kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI TKJ berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TSM berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes unjuk kerja yaitu menulis teks cerpen, lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis teks cerpen peserta didik kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng dengan menggunakan media alternate universe Twitter adalah 77,27 termasuk dalam kategori baik sedangkan, rata-rata skor kemampuan menulis teks cerpen peserta didik kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng yang tidak menggunakan media alternate universe Twitter adalah 62,73 termasuk dalam kategori cukup. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 25.0 for windows dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh antara media alternate universe Twitter terhadap kemampuan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK NU Karanggeneng. Hasil respons peserta didik terhadap media alternate universe Twitter mendapatkan nilai rata-rata 75,72 dengan kriteria baik. Respons positif ini didapatkan dari kelas eksperimen yang mengisi angket dengan 20 pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alternate universe Twitter dalam menulis cerpen peserta didik dapat memotivasi, memberikan inovasi, membangun imajinasi. Respons positif yang diberikan peserta didik terhadap media alternate universe Twitter dijadikan acuan bahwa peserta didik antusias ketika mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | TARISSA ANGGRAENI FEBRIANTI |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:52 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:52 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3066 |
Actions (login required)
View Item |