IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ERA DIGITAL DI SMA AHMAD YANI 2 BAURENO

ESMERALDA, YANIC (2024) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ERA DIGITAL DI SMA AHMAD YANI 2 BAURENO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
20032093_Yanic Esmeralda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_20032093_Yanic Esmeralda.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Esmeralda, Yanic. 2024. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Digital di SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. Nisaul Barokati Seliro Wangi, M.Pd., (2) Anisa Ulfah, M.Pd. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Era Digital Penelitian ini dilatar belakangi untuk membentuk karakter siswa agar dapat mengimplementasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran. Karena banyak di zaman sekarang karena berkembang pesatnya teknologi digital dan informasi banyak siswa menyalahgunakan dan mengabaikan pentingnya nilai pendidikan karakter. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian implementasi nilai pendidikan karakter dalan pembelajaran bahasa Indonesia pada era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan teknologi digital di tingkat SMA. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 dan 12 SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumntasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa dan guru dalam menerapkan nilai pendidikan karakter dan pemanfaatan teknologi. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP yang digunakan sudah mencantumkan nilai pendidikan karakter dan pemanfaatan teknologi digital. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi nilai pendidikan karakter religious, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab dalam pembelajaran bahasa Indonesia telah diimplementasikan dengan baik. Namun nilai pendidikan karakter kreatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum maksimal dalam menanamkan nilai pendidikan karakter kreatif. Selain itu ada faktor pendukung RPP yang mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Faktor penghambatnya adalah (1) perilaku siswa (2) belum memiliki laboratorium bahasa (3) kurangnya pemanfaatan teknologi digital dan media digital dalam implementasi nilai pendidikan karakter

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: YANIC ESMERALDA
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:11
Last Modified: 05 Nov 2024 06:11
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item