PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL SISWA MTs AT-TAQWA KALANGANYAR

HAKIM, M. ALIMUL (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL SISWA MTs AT-TAQWA KALANGANYAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051039_M.AlimulHakim.pdf

Download (142kB)
[img] Text
20051039-M. Alimul Hakim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dengan banyaknya kemajuan teknologi terbaru, media sosial adalah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas ideologi yang tinggi yang memungkinkan orang berinteraksi. Perkembangan sosial emosional adalah proses belajar siswa yang menyesuaikan diri untuk memahami keadaan dan perasaan ketika berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya, ini diperoleh dengan mendengar, mengamati, dan meniru apa yang dilihatnya. Dari sekian banyaknya siswa MTs AT TAQWA Kalanganyar hampir seluruhnya bermain sosial media bahwasanya mereka mengatakan sering membuka Handphone di saat jam pelajaran dan diluar jam pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sosial Media Terhadap Perkembangan Emosional Siswa MTs AT TAQWA Kalanganyar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi dengan pengumpulan data angket. metode analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji realibilitas, uji normalitas, dan uji T (uji hipotesis). pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Sosial Media Terhadap Perkembangan Emosional Siswa. Hal ini sesuai dengan perhitungan peneliti dengan menggunakan aplikasi SPSS 25, yang menggunakan uji-correlation diperoleh nilai t-hitung < t-tabel yaitu 1.179 < 2.022. Maka tidak terdapat korelasi yang signifikan antara Pengaruh Sosial Media Terhadap Perkembangan Emosional Siswa di MTs AT TAQWA Kalanganyar. Sedangkan untuk tantangan dan hambatan sendiri salah satu masalah utama adalah kurangnya fokus dalam pembelajaran, karena media sosial sering menjadi distraksi, membuat sulit bagi siswa siswa MTs At-Taqwa Kalanganyar untuk berkonsentrasi pada tugas akademik yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada prestasi

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. ALIMUL HAKIM
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:41
Last Modified: 05 Nov 2024 06:41
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item View Item