ARISKA, NIANING SILVIA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MA MATHOLIUL ANWAR SIMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
abstrak_20032125_Nianing Silvia Ariska.pdf Download (12kB) |
|
Text
Skripsi_20032125_Nianing Silvia Ariska.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan suatu kebijakan baru yang diresmikan oleh Kementrian Pendidikan atas dasar kemerdekaan dalam pembelajaran. Kelebihan dari Kurikulum ini yang menjadi garis beras adalah lebih merdeka baik dari siswa, guru maupun lembaga sekolah dalam mengelolah pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kurikulum Merdeka meliputi: (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) tantangan, dan (3) upaya mengatasi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI MA Matholiul Anwar Simo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek MA Matholiul Anwar Simo. Data pada penelitian ini berupa kata atau frasa pada Kurikulum Merdeka baik dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tantangan, dan upaya mengatasi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI MA Matholiul Anwar Simo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. sumber data pada penelitian ini diperoleh dari waka kurikulum, guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah berjalan cukup baik, hanya saja dalam perencanaan guru masih kesulitan dalam penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar. Akan tetapi guru sudah memiliki pedoman terkait hal tersebut yang dinamakan PKBM (Perangkat Kegiatan Belajar Mengajar). Selanjutnya pada tahap pelaksanaan terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup. Kemudian ada tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu pendidik kurang mengikuti pelatihan, dan sulit merubah midset atau kebiasaan lama. Sehingga upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengadakan evaluasi atau rapat dengan semua tenaga pendidik, dan meningkatkan kreativitas sebagai seorang guru dan sharing kepada sesama pendidik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Matholiul Anwar simo berjalan sesuai dengan arahan kemendikbud.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | NIANING SILVIA ARISKA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:13 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
View Item |