PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS XI SMK NU 1 KARANGGENENG

KHOIRIYAH, RIFATUL (2024) PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS XI SMK NU 1 KARANGGENENG. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul’Ulum Lamongan.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032005_RIFATUL KHOIRIYAH.pdf

Download (188kB)
[img] Text
20032005_RIFATUL KHOIRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Stratgi Critical Incident, Menulis Cerpen, Kurikulum Merdeka. Pembelajaran menulis di sekolah masih sangat rendah, diketahui dari ketidak efektifan siswa setra banyak siswa yang kurang tertarik pada kegiatan menulis cerpen. Penerapan strategi critical incident pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen ini diharapkan dapat mempermudah serta menambah minat siswa dalam menulis cerpen. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan strategi critical incident (pengalaman penting) pada pembelajaran menulis cerpen sisw kelas XI SMK NU 1 Karanggeneng. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada kegiatan menulis cerpen. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes serta dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Teknik analisis data perencanaan dengan cara mereduksi data, data pelaksanaan dengan mendeskripsikan indikator dengan presentase, serta data hasil belajar dengan menghitung rata-rata yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh data sebagai berikut. Perencanaan penerapan strategi critical incident pada pembelajaran menulis cerpen yang ditinjau dari tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah disusun dalam modul ajar, pelaksanaan penerapan strategi critical incident pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen yang ditinjau dari aktivitas guru dengan persentase sebesal 99,11% dan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 96,47% yang dinyatakan efektif, hasil belajar siswa melalui penerapan strategi critical incident pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen dinyatakan efektif dan tuntas dengan nilai rata-rata 82% dengan kategori baik.berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dapat disimpulkan bahawa penerapan strategi critical incident (pengalaman penting) pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen berhasil deengan sangat baik dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: RIFATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:52
Last Modified: 05 Nov 2024 05:52
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3155

Actions (login required)

View Item View Item