hidayah, nur (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAREN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (abstrak)
ABSTRAK-20031018-NURHIDAYAH.pdf Download (67kB) |
|
Text
20031018-NURHIDAYAH.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dan kesusahan siswa mengerjakan soal-soal tidak rutin yang berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Kubus Satuan dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional serta untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara keduanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Laren Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Klaster (Cluster Random Sampling), jadi sampel yang terambil adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari pretest dan posttest yang berupa soal uraian 5 butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah adalah uji-t dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat dikemukakan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Kubus Satuan dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional pada taraf signifikansi 0,05; 2) Kemampuan koneksi matematika yang diajar dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Kubus Satuan lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional karena terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis secara signifikan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 43,47 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 42,87 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 82,1 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 78,7.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NURHIDAYAH NURHIDAYAH |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:47 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
View Item |