PENGARUH NILAI PELANGGAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEDEKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada PT. BPR Ulintha Ganda Babat)

HAQ, M. RIZQI ARINNAL (2024) PENGARUH NILAI PELANGGAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEDEKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada PT. BPR Ulintha Ganda Babat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20042067_M. RIZQI ARINNAL HAQ.pdf

Download (17kB)
[img] Text
20042067_M. RIZQI ARINNAL HAQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan perilaku yang dibutuhkan untuk terjadi secara berulang-ulang, seperti membeli barang. Selain itu, untuk membangun loyalitas nasabah terhadap jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan membutuhkan waktu yang lama dan proses pembelian yang dilakukan secara berulang-ulang. Loyalitas erat kaitannya dengan pelayanan prima dan kepuasan nasabah. Dalam industri perbankan, nasabah dianggap loyal apabila merasa puas terhadap barang dan jasa yang diterimanya. Loyalitas muncul karena terpenuhinya kebutuhan dan keinginan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai nasabah, kualitas pelayanan, dan kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah (Studi pada PT. BPR. Ulintha Ganda Babat). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah atau klien PT BPR Ulintha Ganda Babat. Jumlah sampel sebanyak 94 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah simple random probability sampling. Pengujian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t (parsial), uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji t pada variabel nilai pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh, dan kedekatan emosional tidak berpengaruh karena memiliki nilai parsial thitung < ttabel. Uji F memiliki nilai 0,000 < 0,05 yang berarti uji F berpengaruh secara simultan. Pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,576 yang berarti 56% dapat dijelaskan oleh variabel bebas dan 44% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: M. RIZQI ARINNAL HAQ
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:52
Last Modified: 05 Nov 2024 06:52
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item