Valentina, Alda Dwi (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI MI INFARUL GHOY BABAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK Skripsi alda.docx Download (8kB) |
|
Text
20054015_ALDA DWI V-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Valentina, Alda Dwi, 2024 “ANALISIS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI MI INFARUL GHOY BABAT” Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Muchamad Suradji, M.Pd.I (2) Retno Nuzilatus Shoimah, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Diferensiasi, (P5) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, IPAS Kurikulum merdeka diidentikkan dengan pembelajaran yang berpihak kepada siswa, sama halnya dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu karakteristik dari kurikulum merdeka. Karena hal tersebut peneliti melakukan analisis pembelajaran diferensiasi berbasis P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembelajaran IPAS kelas V di MI Infarul Ghoy Babat. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran diferensiasi yang terlaksana dan menganalisis kesulitan guru dalam proses pembelajaran Diferensiasi berbasis P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada mata Pelajaran IPAS kelas V di MI Infarul Ghoy Babat. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi (participant observation) yang melibatkan observasi guru dan siswa, hasil wawancara pada kepala sekolah dan guru serta dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan hasil pembelajaran berdiferensiasi terlaksana cukup baik, semua indikator komponen berdefrensiasi mencakup 4 komponen yaitu diferensiasi isi, diferensiasi proses, diferensiasi produk dan lingkungan belajar terlaksana dengan baik. Tahapan pembelajaran diferensiasi juga terlaksana dengan baik meliputi identifikasi masalah, penyesuaian materi, metode pembelajaran, menyediakan sumber belajar, memberikan penilaian, kolaborasi dan diskusi, memberikan dukungan dan evaluasi, akan tetapi untuk P5 masih belum terlaksana karena terkendala waktu dan penyesuaian kebutuhan. Untuk kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran diferensiasi adalah kurikulum merdeka yang yang diterapkan di sekolah baru berjalan 1 tahun sehingga guru belum terbiasa dan kesulitan dalam menyusun Capaian Pembelajaran (CP) , membuat tujuan pembelajaran dan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), kedua kurang memahami gaya belajar siswa ketiga fasilitas sekolah yang belum lengkap untuk kebutuhan belajar sehingga menghalangi guru dalam melakukan variasi pembelajaran , keempat guru kurang paham terhadap teknologi pembelajaran digital masa kini dan terakhir terkait pehaman guru yang kurang terhadap implementasi terutama pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ALDA DWI VALENTINA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3438 |
Actions (login required)
View Item |