CAHYO, RO'UF DWI and IHSAN, BISARUL and MARZUQI, IIB (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENSE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMOGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20032011_RO'UF DWI CAHYO.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
20032011_RO'UF DWI CAHYO.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menulis di sekolah tentunya memiliki hambatan yang dihadapi oleh guru, seperti siswa merasa kesulitan menulis serta merasa bosan. Hal Kesulitan tersebut disebabkan oleh pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan kondisi siswa. Hal tersebut dialami oleh siswa kelas X DKV 2 SMKN 1 Lamongan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi sehingga diperlukan alternatif model dan media pembelajaran yang efektif untuk memberikan kesempatan berlatih serta memberikan suasana belajar yang menyenangkan.Sesuai dengan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Concept sentence dan Spinning Wheel pada pembelajaran menulis teks negosiasi.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaranConcept sentence dan media Spinning Wheel ditinjau dari aktifitas guru dan siswa, mendeskripsikan hasil belajar menulis teks negosiasi, dan mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menerapkan model Concept sentence dan Spinning Wheel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa, dan angket untuk memperoleh data respons siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Sentense dengan menggunakan media pembelajaran Spinning Wheel pada pembelajaran menulis teks negosiasi ditinjau dari aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 91,07%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 88,46%. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 83,28 dengan kategori tuntas secara klasikal, Serta hasil respons memperoleh hasil persentase sebesar 87,23%. Dengan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Concept Sentense dengan menggunakan mediaSpinning Wheel efektif diterapkan pada materi menulis teks negosiasi.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | RO'UF DWI CAHYO |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:55 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
View Item |