EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARAMELALUI CERITA RAKYAT RORO JONGGRANG DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 LEBAKADI KABUPATEN LAMONGAN

SYAFI'I, ABU (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARAMELALUI CERITA RAKYAT RORO JONGGRANG DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 LEBAKADI KABUPATEN LAMONGAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.

[img] Text
ABSTRAK_ABU SYAFI_21062101009.pdf

Download (394kB)
[img] Text
ABU SYAFI_21062101009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Syafi’i, Abu. 2023. Efektivitas Pembelajaran Berbicara melalui Cerita Rakyat “Roro Jonggrang” dengan Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Lebakadi Kabupaten Lamongan. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd. (2) Dr. H. Sariban, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya kemampuan oleh guru dalam mengembangankan perangkat pembelajaran yang menarik minat siswa, serta hasil pengematan peneliti dalam kegiatan observasi yang menunjukan bahwa terdapat rendahnya kemampuan literasi pada peserta didik. Tujuan Penelitian ini ialah Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbicara dengan cerita rakyat Roro Jonggrang melalui pendekatan konstruktivisme bagi siswa kelas IV SDN 1 Lebakadi Kabupaten Lamongan dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran bercerita dengan cerita rakyat Roro Jonggrang melalui pendekatan konstruktivisme bagi siswa kelas IV SDN 1 Lebakadi Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif, untuk menunjukan deskripsi hasil penerapan pembelajaran dan efektivitas pembelajaran berbicara melalui pendekatan konstruktivisme. Hasil penelitian ini ialah berupa penerapan pembelajaran meliputi kegiatan awal, Guru tersebut mengawali pembelajaran dengan mengucap salam. Kegiatan inti, ketika eksplorasi guru menunjukan gambar candi prambanan dan mengaitkan antara candi prambanan dengan cerita Roro Jonggrang. Kegiatan penutup, guru dan siswa melakukan refleksi. Efektivitas Penerapan pembelajaran berceria dengan Cerita Rakyat Roro Jonggrang Melalui Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Lebakadi Kabupaten Lamongan Ditinjau dari aktivitas siswa beerupa hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran berbicara dengan cerita rakyat Roro Jonggrang dengan pendekatan konstruktivisme memperoleh hasil rata-rata sebesar 84.6% menjawab setuju, dan 15.6% responden menjawab kurang setuju. Kemudian hasil penerapan cerita rakyat "Roro Jonggrang" dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme untuk melihat tingkat keefektivan pembelajaran memperoleh hasil efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada perolehan hasil tes kemampuan siswa dari jumlah total peserta didik sebanyak 13 siswa terdiri dari 11 siswa telah mencapai KKM atau ≥65 dan 2 siswa dinyatakan belum mencapai KKM. Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa ialah sebesar 77.3. Sedangkan ketuntasan siswa sebesar 84.6.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Roro Jonggrang, Konstruktivisme
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:54
Last Modified: 13 Nov 2024 08:54
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item