ASTUTIK, WIDYA PUJI (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DENGAN METODE BASAL READER PADA MATERI MEMBACA CERITA DI KELAS III SD NEGERI SUMBERAJI. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.
Text
ABSTRAK_WIDYA PUJI ASTUTIK_21062101016.pdf Download (578kB) |
|
Text
WIDYA PUJI ASTUTIK_21062101016.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Astutik, Widya Puji. 2023. Efektivitas Media Pembelajaran Big Book dengan Metode Basal Reader pada Materi Membaca Cerita di Kelas III SD Negeri Sumberaji. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd., (2) Dr. Markub, S.Pd., M.H. Kata Kunci: efektivitas,media pembelajaran big book Efektivitas pembelajaran bercerita menggunakan media big book dengan menentukan ide pokok menjadi paragraf di SD Negeri Sumberaji kecamatan sukodadi untuk mengukur Efektivitas Metode Basal Reader terhadap kemampuan berliterasi, kevalidan dan keefektifan siswa mengenai kesulitan membaca terutama menuangkan ide pokok gagasan paragraf dan siswa mampu menuliskan dalam bentuk cerita pendek. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran proses efektivitas penggunaan pembelajaran media big book terhadap aktivitas siswa pada materi membaca bacaan cerita di SD Negeri Sumberaji.untuk mendapatkan gambaran efektivitas penggunaan media big book terhadap aktivitas guru dengan metode basal raider pada siswa SD Negeri Sumberaji.untuk mendapatkan gambaran efektivitas media pembelajaran big book dengan metode basal raider terhadap hasil Belajar Siswa dengan materi membaca cerita pada siswa SD Negeri Sumberaji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (Deskritif Kualitatif ). Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian deskritif kualitatif. Karena penelitian ini memberikan gambaran secara kualitatif tentang pembelajaran membaca cerita Pendek dengan Metode Basal Reader melalui media Big Book , di SD Negeri Sumberaji Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan dengan peserta 24 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Penggunaan media big book memperoleh skor 96% berdasarkan hasil analisa berada dalam kategori sangat efektif berdasarkan tabel kriteria kevalidan mendapatkan skor 76% berada dalam kategori ketuntasan. 2) Penggunaan media big book memperoleh skor sangat praktis yaitu 92,6 oleh peserta didik dan skor sangat praktis yaitu 87,5%. Skor tersebut disesuaikan dengan tabel kriteria keefektifan hasil belajar guru. 3) Efektivitas di analisis dengan data penggunaan media pembelajaran big book bedasarkan aktifitas hasil belajar siswa 76%,siswa aktif dengan guru 92,6% hasil belajar siswa di analisa menguasai materi 96% siswa efektif,Sehingga dapat di simpulkan bahwa Efektivitas media pembelajaran big book dengan metode basal reader pada materi membaca cerita di kelas III Sd Negeri Sumberaji
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:02 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3573 |
Actions (login required)
View Item |