HERLINA, ATIK FARIDA (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JUBELLOR SUGIO LAMONGAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL'ULUM.
Text
ATIK FARIDA HERLINA_21062101019.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
abtsrak_ATIK FARIDA HERLINA_21062101019-6.pdf Download (259kB) |
Abstract
Atik Farida Herlina. (2023). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jubellor Sugio Lamongan. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Darul ‘ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. H. Sariban, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual Kesulitan mengajarkan keterampilan berbahasa banyak dialami oleh kalangan Pendidikan, termasuk pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Jubellor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, dengan meminta siswa untuk menyusun karangan sederhana. Ternyata dari 17 siswa hanya sekitar 15% yang mampu membuat puisi dengan baik dan 85% lainnya masih sulit untuk menuliskan gagasannya secara tertulis dalam bentuk puisi. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menulis, dapat dikatakan belum berhasil. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan: (1) Efektivitas pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual ditinjau berdasarkan aktivitas siswa di SD Negeri Jubellor Kecamatan Sugio. (2) Efektivitas pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual ditinjau berdasarkan aktivitas guru di SD Negeri Jubellor Kecamatan Sugio. (3) Efektivitas pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual ditinjau berdasarkan efektivitas hasil belajar siswa di SD Negeri Jubellor Kecamatan Sugio. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif meskipun membutuhkan data kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini ialah (1) Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi yang diperoleh hasil 6 aspek mendapatkan penilaian baik dan 12 aspek mendapatkan penilaian sangat baik sehingga jumlah nilai yang didapat adalah 66 dari total nilai yaitu 72. Persentase hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa adalah 91,67%. Hasil tersebut menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Hasil angket siswa yang menunjukkan hasil yang sangat baik terhadap pembelajaran menulis puisi adalah bukti bahwa pendekatan kontekstual yang diterapkan oleh guru sangat efektif. (2) Hasil pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis puisi yang diperoleh hasil 12 aspek mendapatkan penilaian baik dan 13 aspek mendapatkan penilaian sangat baik sehingga jumlah nilai yang didapat adalah 88 dari total nilai yaitu 100. Persentase hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa adalah 88%. Hasil tersebut menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. (3) Hasil tes belajar menulis puisi menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 18 orang siswa atau sebesar 85,71%. Kegiatan pembelajaran puisi menggunakan pendekatan kontekstual sudah sesuai dengan yang diharapkan penulis
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:29 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3576 |
Actions (login required)
View Item |