Asmaul Husna,, Veni (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Al-Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
SKRIPSI VENI ASMAUL HUSNA_18052004.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
ABSTRAK_ VENI ASMAUL HUSNA_18052004.pdf Download (360kB) |
Abstract
ABSTRAK Asmaul Husna, Veni, 2022 “ Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Al-Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban ”. Skripsi jurusan pendidikan bahasa arab, fakultas agama islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) M.Rizal Rizqi, M.Pd.I, Pembimbing (2) Sampiril Taurus Tamaji, M.Pd.I. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Metode Imla’. Metode imla’ ini merupakan metode dikte dimana guru menjelaskan pelajaran atau membacakanya kemudian siswa menulis kembali apa yang telah disampaikan oleh guru. Keterampilan menulis (Maharah al-kitabah) merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa. Dalam Keterampilan berbahasa mencakup empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengarkan (Maharah al-istima’), berbicara (Maharah kalam), membaca (Maharah qiro’ah), dan menulis (Maharah kitabah). Keempat keterampilan ini menjadi aspek penting dalam belajar bahasa Arab, karena keempatnya tidak dapat dipisahkan. Kedudukan keempat keterampilan ini sangat menunjang dalam pencapaian keterampilan berbahasa. Namun menulis memiliki karakter khas yang membedakannya dari yang lainnya. Sifat aktif dan produktif dalam menulis memberikannya ciri khusus dalam hal kecaraan, medium, dan ragam bahasa yang digunakannya. Adapun Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Mengetahui Metode Imla’ Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Mts Al-Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban. (2) Mengetahui Pengaruh Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Al-qudsiyah Klotok Plumpang Tuban Dengan Menggunakan Metode Imla’. Dalam penelitian skrpsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan metode pre-experimental design tipe one group pretestposttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data statistic deskriptif dananalisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan terdapat 14 siswa yang tuntas (41%) dan 20 siswa yang tidak tuntas (59%) dengan skor nilai rata-rata 70,29 yang tergolong rendah, adapun setelah diberikan penerapan penggunaan metode imla’ Terdapat 33 siswa yang tuntas (97%) dan 1 siswa yang tidak tuntas (3%) denan skor nilai rata -rata 82,05 yan terolong tinggi. Dari hasil data yang diperoleh secara keseluruhan dapat diketaui nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan penggunaan metode imla’ secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab siswa kelas VIII MTs Alqudsiyah Klotok Plumpang Tuban.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Metode Imla’. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 01:55 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 01:55 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
View Item |