PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN OLEH KONSUMEN (Studi pada Masyarakat Desa Kedungharjo)

LATIFAH, SITI NUR (2022) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN OLEH KONSUMEN (Studi pada Masyarakat Desa Kedungharjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18053024_SITI NUR LATIFAH.pdf

Download (123kB)
[img] Text
18053024_SITI NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konsep kehalalan di kehidupan masyarakat Indonesia sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat karena kehalalan adalah indikator awal bagi konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk halal yang baik dan bersih untuk dimakan atau untuk dikonsumsi oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi label halal di indonesia menurut Masyarakat desa Kedungharjo, pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan pada masyarakat desa Kedungharjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai populasi dan sampelnya adalah masyarakat desa Kedungharjo sebanyak 96 orang, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Untuk menguji hipotesis digunakan uji parsial (t) dan untuk mengetahui kontribusi variabel dependen terhadap variabel Independen, digunakan uji koefisien determinasi (R2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan urgensi label halal pada produk makanan di indonesia menurut Masyarakat desa Kedungharjo sangat penting berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Adapun pengaruh label halal dapat disimpulkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel label halal (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Dari analisis uji koefisien determinsi (R2) diperoleh sebesar 0,606 atau apabila dipresentasikan, maka 60,6% variabel label halal memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian oleh konsumen dan sisanya sebesar 39,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:03
Last Modified: 27 Nov 2023 08:03
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item