Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Lamongan Kelas V Sd Negeri Kebalan Kulon Kecamatan Sekaran

sa'id, nur (2022) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Lamongan Kelas V Sd Negeri Kebalan Kulon Kecamatan Sekaran. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_ NUR SA_ID_20062101017(1)-6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
18 NUR SA_ID_20062101017(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sa’id, Nur. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Lamongan Kelas V Sd Negeri Kebalan Kulon Kecamatan Sekaran. Tesis. Lamongan: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing (1) Dr. H. Mustofa, M.Pd., (2) Dr. Ida Sukowati, M.Hum Kata Kunci: Pengambangan, Bahan Ajar, Cerita Rakyat Lamongan Bahasa dan sastra sangat erat kaitannya dengan penanaman nilai – nilai moral dan budaya bagi peserta didik. Integrasi kearifan lokal ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangatlah penting. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya penanaman nilai – nilai yang terkandung dalam budaya lokal pada diri peserta didik. Penelitian ini berlatar-belakang belum tersedianya bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat untuk peserta didik sekolah dasar (SD). Padahal apabila terserdia, maka peserta didik khususnya yang berasal dan tinggal di Lamongan dapat meningkatkan keterampilan literasinya, mengetahui dan mewarisi budaya – budaya lokal Lamongan serta dapat menimbulkan rasa cinta dan bangga memiliki kebudayaan tersebut. Oleh karena itu, pentingnya pengembangan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat Lamongan bagi peserta didik kelas V sekolah dasar (SD). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserach and Development) yang mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996). Teknik pengambilan data yang digunakan ada catatan lapangan, validasi, angket dan tes. Proses pengembangan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat Kabupaten Lamongan melalui enam tahapan yang mengacu pada tahapan dalam model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai kevalidan pada bahan ajar sebe sar 89 (sangat valid); (2) nilai kepraktisan pada bahan ajar menurut pe rsepsi peserta didik sebesar 91 % (sangat baik) dan menurut persepsi guru sebesar 90,1% (sangat baik); (3) nilai keefektifan pada bahan ajar bagi peserta didik kelas V rata – rata sebesar 83 (sangat baik). Dengan demikian, bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat Lamongan bagi peserta didik kelas V SD yang dikembangkan di atas dapat dipergunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran dan diterima oleh semua kalangan, dari berbagai usia, tidak terbatas pada lingkup tertentu.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Pengambangan, Bahan Ajar, Cerita Rakyat Lamongan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:09
Last Modified: 30 Nov 2023 01:09
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item