PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS DARUN NAJAH PODANG KARANGKEMBANG

AMALIYAH, LAELY RIZKY (2021) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS DARUN NAJAH PODANG KARANGKEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (abstrak)
SKRIPSI LAELY RIZKY AMALIYAH -8.pdf

Download (82kB)
[img] Text
SKRIPSI LAELY RIZKY AMALIYAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Metode Active Learning Tipe Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an. Al-Qur‟an sebagai wahyu Allah SWT., di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW., sebagai petunjuk dalam menempuh dan menjalani hidupnya di dunia. AlQur‟an memberikan keterangan dan petunjuk yang tegas kepada manusia untuk melaksanakan tugas kehidupannya. Al-Qur‟an mengarahkan pada kehidupan manusia agar manusia bisa tahu mana yang hak dan mana yang bathil. Setiap umat Islam di samping wajib mengimani Al-Qur‟an juga wajib mempelajari dan memahami serta mengamalkan isi kandungannya. Untuk bisa memahami dan mengimani Al-Qur‟an, perlu di pelajari terlebih dahulu. Setiap seorang muslim dituntut untuk mampu membaca Al- Qur‟an, untuk bisa membaca Al-Qur‟an perlu belajar dengan bersungguh- sungguh. Kendala yang di alami guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an karena kurangnya minat belajar siswa dalam membaca Al-Qur‟an. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Active learning tipe Reading Guide dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa-siswi MTs Darun Najah Podang Karangkembang. (2) Untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Active learning tipe Reading Guide dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa-siswi MTs Darun Najah Podang Karangkembang. Dalam penelitian ini, skripsi menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan skunder dengan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi ; wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa Penerapan metode Active Learning Tipe Reading Guide dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an di MTs Darun Najah Podang Karangkembang, di katakan baik karena metode tersebut dapat mengasah atau meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:28
Last Modified: 30 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item View Item