PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAS SUNAN DRAJAT SUGIO

Aulia, Lady Lina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAS SUNAN DRAJAT SUGIO. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text
Abstrak_19032036_LADY LINA AULIA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
19032036_LADY LINA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMAS Sunan Drajat Sugio. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas X-1 SMAS Sunan Drajat Sugio yang terdiri dari 16 lak-laki dan 15 perempuan. Instrumen penelitian data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah lembar observasi, angket siswa, dan tes hasil belajar. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan lembar observasi siswa, lembar angket respon siswa, dan tes keterampilan menulis. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh, pengamatan aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas siswa yang positif selama pembelajaran dari siklus I berjumlah 51,61% siswa dan meningkat pada siklus II yang berjumlah 96,77% siswa. Hasil respon siswa yang positif dalam pembelajaran dari siklus I berjumlah 54,83% siswa dan meningkat pada siklus II yang berjumlah 83,87% siswa. Hasil menulis teks eksposisi menggunakan model problem based learning pun mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari nilai kondisi awal siswa yang tuntas 45,16% siswa, kemudian siklus I menjadi 64,51% siswa, meningkat lagi pada siklus II menjadi 100% keberhasilan ketuntasan siswa. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran problem based learning dinilai berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan aktivitas, respon, dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X-1 SMAS Sunan Drajat Sugio.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning. Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ikrimatul ulumiyyah
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:36
Last Modified: 30 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item