PERAN GURU PESANTREN DALAM TRANSFORMASI ETIKA SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA'LIM MUTA'ALIM DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTTAQIN TALUN SIDOGEMBUL SUKODADI LAMONGAN

Manidhom, Fina Mutim (2024) PERAN GURU PESANTREN DALAM TRANSFORMASI ETIKA SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA'LIM MUTA'ALIM DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTTAQIN TALUN SIDOGEMBUL SUKODADI LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20051012_FINA MUTIM MANIDHOM.pdf

Download (115kB)
[img] Text
20051012_FINA MUTIM MANIDHOM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Guru di pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing dalam penerapan nilai-nilai yang diajarkan dalam kitab Ta'lim Muta'allim. Mereka berfungsi sebagai role model yang menjadi contoh nyata dalam implementasi adab dan etika Islam. Istilah “transformasi” berasal dari kata dalam bahasa Inggris “transform,” yang berarti mengubah bentuk atau penampilan. Secara etimologis, ini merujuk pada perubahan bentuk atau perwujudan. Dalam pengertian yang lebih luas, transformasi adalah perubahan menjadi bentuk lain yang tetap memiliki nilai-nilai yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pesantren dalam transformasi etika santri melalui pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim, serta mendeskripsikan tranformasi etika santri dalam mempelajari kitab Ta'lim Muta'allim di pondok pesantren Raudlatul Muttaqin Talun Sidogembul Sukodadi Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam transformasi etika santri melalui pembelajaran kitab Ta'lim Muta'allim memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan memperkuat pondasi keislaman para santri. Sebagai pendidik di pesantren, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar materi agama, namun juga sebagai pembimbing spiritual yang senantiasa mendampingi santri dalam menghayati nilai-nilai Islam. 2) tranformasi etika santri dalam mempelajari kitab Ta'lim Muta'allim berlangsung secara signifikan. Santri mengalami perubahan positif dalam sikap, perilaku, dan pemahaman mereka mengenai pentingnya adab dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fina Mutim Manidhom
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:13
Last Modified: 05 Nov 2024 06:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item