INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIDAYAH SIDOREJO SUGIO LAMONGAN

RIANTINI, WAHYU TRI (2024) INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIDAYAH SIDOREJO SUGIO LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_20051017_WAHYU TRI RIANTINI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
20051017_WAHYU TRI RIANTINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kurangnya perilaku dan etika siswa yang kurang baik seperti membolos, terlambat masuk sekolah, melalaikan pekerjaan rumah (PR), tidak mengenakan seragam lengkap, kekerasan fisik, pelecehan, perkelahian antar siswa merupakan faktor penyebab permasalahan kurang disiplin pada siswa di lingkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana pendidikan karakter siswa disiplin dan cinta damai (2) mengetahui pendidikan agama Islam dalam mewujudkan pendidikan karakter disiplin dan cinta damai (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pendidikan karakter disiplin dan cinta damai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Mendidik siswa untuk disiplin dan cinta damai, khususnya membentuk disiplin dan cinta damai pada siswa, telah dilakukan seperti membaca Al-Quran di pagi hari, istighosahan pada hari Jumat, shalat dhuhur berjamaah. Wujud kepribadian cinta damai meliputi kepedulian terhadap sesama, saling menghargai dan toleransi, berteman dengan siapa saja tanpa memandang ras dan suku, (2) pendidikan agama Islam dalam mewujudkan pendidikan karakter disiplin dan cinta damai pada dasarnya pendidikan agama Islam sangat erat kaitannya dengan pendidikan karakter disiplin dan cinta damai melalui ajaran moral dan kebiasaan serta menghormati ketertiban kepatuhan peraturan (3) faktor penghambat dan pendukung pendidikan karakter disiplin dan cinta damai, Faktor penghambat pembentukan karakter disiplin dan cinta damai yaitu siswa sering membolos. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, lomba pembacaan tartil Al-Quran dengan metode yanbua, peringatan 17 Agustus 1945, dan acara akhirusanah tahunan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WAHYU TRI RIANTINI
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:17
Last Modified: 05 Nov 2024 06:17
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item