Zahira, Tiara (2024) PERAN GURU TPQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SANTRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di TPQ At-Taqwa Sungegeneng, Sekaran, Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
abstrak_20051041_Tiara Zahira.pdf Download (350kB) |
|
Text
20051041_Tiara Zahira.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Guru TPQ memiliki tanggung jawab untuk membuat santrinya berkualitas, baik dari segi moral, serta spiritual. Kurangnya disiplin santri dalam hal kepatuhan terhadap aturan yang ditetapkan, tingkah laku yang tidak pantas, serta kurangnya konsistensi dalam membiasakan kegiatan, hal tersebut tentunya dapat menghambat kelancaran dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penulisan ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru TPQ dalam membentuk karakter disiplin santri TPQ At-taqwa (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru TPQ dalam membentuk karakter disiplin santri TPQ At-taqwa. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran yang dilakukan guru TPQ At-taqwa dalam membentuk karakter disiplin santri adalah yang pertama; guru sebagai teladan bagi santri, kedua; guru sebagai penasehat bagi santri, dan ketiga; guru TPQ membina terkait kedisiplinan santri. 2) Upaya yang dilakukan guru TPQ dalam membentuk karakter disiplin santri adalah guru TPQ membri pembinaan terkait karakter disiplin santri, Guru TPQ melakukan pengawasan dan pembinaan kepada santri, dan guru TPQ melakukan komunikasi dengan wali santri.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | TIARA ZAHIRA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:41 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:41 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |