Nasikha, Arba’atus Ainun (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BEHAVIORISTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_2003044_ARBA'ATUS AINUN NASIKHA.pdf Download (173kB) |
|
Text
20032044_ARBA'ATUS AINUN NASIKHA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Nasikha, Arba’atus Ainun. 2024. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Behavioristik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SMK Negeri 1 Lamongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lmongan. Pembimbing : (1) Dr. Nisaul Barokati Selirowangi, M.Pd., (2) Bisarul Ihsan, M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Kemampuan Behavioristik Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia dibutuhkan adanya motivasi belajar untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh peserta didik. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal salah satunya lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang baik juga akan mempengaruhi motivasi belajar, kemampuan behavioristik, dan nilai hasil beajar pada mata Pelajaran bahasa Indonesia. Banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar rendah serta kemampuan behavioristik atau perilaku yang negative menjadikan persoalan dalam dunia pendidikan. Sehingga perlu adanya penelitian pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dan kemampuan behavioristik. Tujuan penelitian ini meliputi (1) untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa di SMK Negeri 1 Lamongan, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan behavioristik pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa di SMK Negeri 1 Lamongan, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi, observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar melaui uji koefesien determinan mendapatkan nilai sebesar 38,8% yang artinya variabel lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 38,8% terhadap variabel motivasi belajar, dan uji t (hipotesis) mendapatkan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (27,883 > 4,04) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian dilakukan uji koefesien determinan memperoleh nilai sebesar 38,7% yang artinya variabel lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 38,7% terhadap variabel kemampuan behavioristik, dan uji t hipotesis diperoleh nilai F hitung sebesar (27,809 > 4,04) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap nilai hasil belajar siswa melalui uji statistik memperoleh hasil sebanyak 73,9% siswa berada di atas rata�rata dan 26,1% siswa berada dibawah rata-rata skor, yang artinya sebagian besar skor hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Lmongan berada di atas rata-rata skor. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, kemampuan behavioristik, dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa di SMK Negeri 1 Lamongan.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ARBA'ATUS AINUN NASIKHA |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:57 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3252 |
Actions (login required)
View Item |