PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

CANDRAWATI, DHIYAH AYU (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DATUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak_20054011_Dhiyah Ayu Candrawati.pdf

Download (584kB)
[img] Text
20054011_Dhiyah Ayu Candrawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak efektifan G-form sebagai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sehingga sarana terbaik untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran adalah LKPD yang dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami atau mengerjakan soal yang ada. LKPD berbasis kearifan lokal dirancang dengan mengintegrasikan berbagai kearifan lokal ke dalam mata pelajaran bahasa indonesia untuk memperkenalkan kearifan lokal daerah setempat. Sehingga LKPD berbasis kearifan lokal dapat membantu siswa dalam mengenal dan memahami nilai budaya lokal mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal dengan aplikasi kahoot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui Efektivitas LKPD Berbasis Kearifan Lokal Dengan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D), model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluate). Hasil penelitian pada UPT SDN 242 Gresik sudah terbukti melalui uji validasi ahli materi mendapat nilai skor 86%, sedangkan untuk uji media mendapat nilai yaitu 82%, uji validasi ahli materi dan media termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil analisis data angket kemenarikan siswa diperoleh hasil hitung nilai presentase adalah 84,83% dengan kategori “Sangat Menarik”. Adapun hasil keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat nilai rata-rata 72,85%, dihitung menggunakan aplikasi SPSS 26 rumus one smaple t-test. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan LKPD berbasis kearifan lokal dengan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif sebagai alat asesmen.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DHIYAH AYU CANDRAWATI
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:37
Last Modified: 05 Nov 2024 06:37
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item