NURFARIKHA, ATIKA (2024) ANALISIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA “KEARIFAN LOKAL” DI KELAS V MI ROUDLOTUT THOLIBIN WARUKULON PUCUK LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_20054004_ATIKA NURFARIKHA.pdf Download (91kB) |
|
Text
20054004_ATIKA NURFARIKHA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi bangsa, pendidikan yang maju akan melahirkan para penerus bangsa. Kurikulum merdeka ini sepadan atau sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Karena pada kurikulum ini pembelajaran berpusat pada siswa, dan guru sebagai fasilitator. Permasalahan di Lembaga pendidikan MI Roudlotut Tholibin Warukulon yakni terletak pada kurangnya pemahaman guru tentang proyek P5. Dengan hal ini peneliti tertarik menganalisis penerapan P5 tema kearifan lokal di MI Roudlotut Tholibin Warukulon dengan tujuan 1) Untuk mengetahui penerapan P5 tema kearifan lokal di MI Roudlotut Tholibin Warukulon khususnya di kelas V. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung penerapan P5 tema kearifan lokal di MI Roudlotut Tholibin Warukulon khususnya kelas V. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dari penelitian ini yakni menggunakan data collection, data reduction, data display dan verification. Dari penelitian ini, Dapat diketahui bahwa penerapan P5 tema kearifan lokal telah menunjang keberhasilan target untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu dengan melakukan kegiatan aksi nyata seperti mempraktikkan permainan tradisional yang kemudian akan mendorong siswa dalam bekerja sama serta mengenal kembali budaya didaerah kita. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di kelas V MI Roudlotut Tholibin Warukulon yaitu tenaga pengajar atau guru yang belum memahami secara spesifik perencanaan proyek P5, dan juga keterbatasan waktu serta kurangnya guru pendamping yang berperan untuk mendampingi peserta didik dalam melaksanakan kegiatan P5. Sedangkan faktor pendukungnnya yakni Semangat dan antuasias peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, fasilitas yang memadai, dan pemilihan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan lingkungannya.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Atika Nurfarikha |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/3421 |
Actions (login required)
View Item |